Thursday 30 August 2012

5 pohon unik di dunia


5 Pohon Unik Di Dunia - Banyak hal unik di dunia ini. Termasuk juga dengan makhluk hidup. Salah satunya ialah pohon. Beragam jenis pepohonan tumbuh dengan bentuk yang unik dan menakjubkan. Hingga tak jarang karena keunikan pohon tersebut, banyak turis yang datang untuk melihatnya secara langsung.

Seperti diberitakan situs pemeringkat Toptenz, Setidaknya ada 10 pohon unik yang pernah ditemukan oleh manusia. Ada yang tumbuh menjalar dengan bentuk yang unik, dan ada juga yang tumbuh besar bagaikan sebuah gedung. Pohon apa sajakah itu?

Berikut lima dari 10 pohon unik yang pernah ditemukan manusia tersebut:

1. Pohon Oak Malaikat: 
Pohon ini berlokasi di Johns Island, South Carolina, Amerika Serikat. Pohon oak berumur 1.500 tahun ini memiliki batang dan daun yang lebar bak seorang malaikat. Tingginya sekitar 84 meter dan cabangnya memiliki panjang 300 meter.

Pohon ajaib ini diperkirakan sebagai organisme tertua yang hidup di sungai Missisissippi. Pohon tersebut berhasil selamat dari sejumlah bencana alam yang menghantam kawasan itu. Di antaraya gempa bumi tahun 1886, banjir dan topan pada tahun 1989.

2. Pohon Darah Naga: 
Pohon ini termasuk jenis yang langka. Dikenal juga bernama latin Dracaena Cinnabari, pohon ini tumbuh di Yaman.

Unesco mengklaim di area pepohonan ini ada 37 persen pesies tanaman, 90 persen spesies reptil dan 95 persen siput yang tidak muncul di belahan dunia mana pun.

Pohon Naga ini tumbuh menyerupai payung. Oleh penduduk lokal, getah dalam pohon tersebut diyakini sebagai obat, produk kosmetik dan bahan pewarna lukisan.

Selama ini kita selalu mengetahui bahwa getah dari pohon selalu berwarna putih. Tapi di Socotra, Yaman tidak demikian. Di Socotra ada pohon Darah Naga yang getahnya berwarna merah.

Pohon ini ditemukan oleh Profesor Issac Bayley Balfour pada tahun 1880. Pohon ini berbentuk seperti jamur atau payung. Daunnya berbentuk seperti pedang, keras, dan bergerombol di atas pohonnya.

Pohon ini disebut pohon darah naga karena getah pohon ini berwarna merah darah. Getah tersebut keluar dari batangnya. Getah inilah yang disebut darah naga. Darah naga ini sangat berguna untuk obat, pewarna, pemanis, dan pengharum.

Konon menurut legenda nama pohon ini yaitu pada jaman dahulu, ada seekor ular balistik yang besar yang dianggap naga. Suatu hari naga itu berkelahi dengan seekor gajah dan keduanya mati. Kedua binatang itu mengeluarkan darah. Darah kedua binatang itu dipercaya memiliki kekuatan ajaib. Pada saat kedua darah binatang ini bercampur, tumbuhlah sebatang pohon. Pohon inilah yang dipercaya sebagai pohon darah naga.

Kerana di pulau Socotra, Yaman terdapat banyak pohon-pohon yang unik, socotra dimasukan kedalam daftar situs warisan dunia oleh PBB.

3. Pohon Tule: 
Pohon Tule raksasa ini memiliki tinggi hingga 300 meter lebih. Lokasi pohon berada di kawasan Oaxaca, Meksiko. Setiap cabang bisa tumbuh menjadi sebuah pohon sendiri.

The Tule Tree El Árbol del Tule (”The Tule Tree) adalah pohon cemara Montezuma yang teramat besar (Taxodium mucronatum). Pohon ini mempunyai unkuran lingkar yang paling besar yaitu 190 kaki (58 m) dan berdiameter 37 kaki (11,3 m). Pohon Tule begitu kental/rada lengket, sampai ada yg bilang bahwa “anda bukan yang memeluk pohon ini, malahan anda yg dipeluk".

Para peneliti menduga itu adalah gabungan dari beberapa pohon, namun ternyata hasil tes DNA menunjukkan sebaliknya. Pohon itu secara genetik adalah individu sendiri.

Pada tahun 2001 ia ditempatkan pada daftar UNESCO sementara dari Situs Warisan Dunia.

4. Pohon Teko Baobab: 
Pohon teko Baobab ini merupakan bagian dari spesies Adansonia. Lokasi pohon berada di kawasan Afrika, namun bisa juga ditemukan di Asia dan kawasan Peninsula Arab. Namun tanaman ini paling banyak ditemukan di kawasan Madagaskar.

Pohon ini sangat unik karena berbentuk menyerupai botol atau teko. Khusus untuk foto di atas, pohon itu berlokasi di Ifaty Madagaskar. Usianya mencapai 1.200 tahun.

Para penelilti memperkirakan, pohon langka ini bisa menampung air hingga 120 ribu liter.

5. Pohon dari Ta Prohm: 
Pohon ini tumbuh di atas kuil Ta Prohm, Kamboja. Ada dua spesies yang mendominasi pohon ini.

Sebagian peneliti mengklaim pohon yang lebar berjenis Ceiba pentandra, sementara peneliti lain menduga itu adalah Tetrameles Nudiflora. Sementara pohon yang lebih kecil diperkirakan adalah pohon Strangler Fig.

Fenomena pohon unik dengan cabang yang menjalar ini menarik perhatian ribuan turis tiap tahunnya.


sumber:http://www.pangkalanunik.com/

No comments:

Post a Comment